resep kue kering

ubud villa

anjing di jual

mesin puncak
 
English Version

 

Kegiatan

Kerangka Kerja Kelembagaan
Konsep kelembagaan NBIN sebagai jaringan yang terdistribusi dan terdiri atas lembaga-lembaga yang bekerjasama. Struktur hubungan antara lembaga-lembaga yang terlibat dalam NBIN lebih merupakan hubungan rasional daripada hirarki. Peran utama perhimpunan NBIN adalah mempromosikan kerjasama diantara anggota NBIN dan menyebarluaskan informasi tentang NBIN.

Perhimpunan NBIN mempunyai anggota inti yang secara langsung memberikan kontribusi data, informasi atau jasa kepada jaringan dan anggota umum yang berminat dan dapat memberikan kontribusi dalam rangka membangun, memperbesar serta memperluas kelembagaan NBIN tetapi tidak berperan sebagai penyedia data, informasi dan jasa yang berhubungan dengan keanekaragaman hayati.

Komponen Database
Pengembangan database keanekaragaman hayati tidak hanya memerlukan pengetahuan tentang database itu sendiri tetapi juga memerlukan pengetahuan mengenai keanekaragaman hayati termasuk di dalamnya pengetahuan tentang data direktori, katalog, inventarisasi keanekaragmaan hayati, mekanisme transfer atau secara elektronik antar simpul NBIN, perangkat lunak yang dipakai untuk menintegrasikan data dan analisa data dari sumber-sumber yang beranekaraman dan tersebar. Data dan informasi keanekaragaman yang tersedia pada masing-masing anggota potensial NBIN sangat bervariasi baik secara kuantitas, kualitas dan kemudahan akses.

Komponen Jaringan
Teknologi terkini di bidang jaringan dengan menggunakan wide band system dapat menawarkan penggunaan data secara real time dari jarak jauh. Teknologi ini akan memperkecil kebutuhan akan kapasitas penyimpanan data yang diperlukan mengingat sistem jaringan ini dapat mengakomodasi data-data yang berukuran besar secara terpusat. NBIN diharapkan dapat memfasilitasi dan mendukung jaringan tersebut sehingga akses integrasi data, pengguna dan komunikasi informasi keanekaragaman hayati di Indonesia dapat dengan mudah dilakukan.

Komponen Training dan Promosi
Dalam upaya meningkatkan kapasitas lembaga-lembaga anggota NBIN diperlukan suatu bentuk pelatihan yang berkaitan langsung dengan masalah-masalah pengelolaan data termasuk di dalamnya memelihara, pengemaskinian, penyediaan informasi yang bisa dijadikan metadata yang bisa disebarluaskan.

NBIN akan menyediakan paket starter kits yang pada gilirannya akan diikuti dengan peningkatan kemampuan masing-masing anggota NBIN untuk bisa menangni permasalah yang dihadapi.

Dengan adanya pelatihan peningkatan kemampuan tersebut, diharapkan masing-masing simpul dapat mengelola database, perangkat keras, perangkat lunak dan jaringannya secara mandiri. Untuk itu pelatihan yang akan dilakukan meliputi pembangunan, pengembangan, pengelolaan untuk database dan jaringannya.