resep kue kering

ubud villa

anjing di jual

mesin puncak
 
English Version

 

Metadata Spasial
Iklim

1Departemen Perhubungan, Badan Mateorologi dan Geofisika, Balai Wilayah IV. 2003. Laporan Data Klimatologi Tahunan.
Laporan tahunan ini menyajikan data-data temperatur (C), curah hujan (nun) ditakar, penyinaran matahari dan peristiwa cuaca khusus.
2Himran, Syukri. 1999. Analisis Potensi Energi Angin Untuk Wilayah Kodya Makassar dan Sekitarnya. Laporan Penelitian. Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jumlah energi yang dapat diekstraksi dari aliran angin untuk wilayah Makassar dan sekitarnya. Data kecepatan angin dalam sejam, selama setahun (1997) diperoleh dari Badan Meteorologi dan Geofisika, Balai Wilayah IV, Makassar. Pengukuran dilakukan di Stasiun Meteorologi Maritim Makassar lokasi Paotere pads 119.25.114BT dan 05.06.495 LS pada ketinggian 10 m diatas permukaan tanah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan energi angin untuk wilayah Kodya Makassar dan sekitarnya belum berpeluang untuk diimplementasi kepada masyarakat di pedesaan atau di pesisir pantai sebagai sumber energi alternatif mengingat kecepatan angin yang rendah dan pertimbangan dari aspek ekonomi. Namun analisis yang dicantumkan dalam laporan ini dapat digunakan sebagai alat untuk menaksir jumlah energi yang dapat diekstraksi dari aliran angin guna pemanfaatan sumber energi terbarukan (renewable energy) sebagai uasaha pelestarian bahan bakar fosil.