resep kue kering

ubud villa

anjing di jual

mesin puncak
 
English Version

 

Sekilas mengenai PISP

Berawal dari kegiatan MCRMP pada tahun 2002 yang lalu, dimana produk yang dihasilkan cukup memberikan dampak yang positif, terutama dalam lingkungan BAPPEDA propinsi dan Instansi terkait lainnya. Kontribusi yang bisa diambil dari kegiatan MCRMP ini cukup banyak, berbagai produk lahir dari kegiatan ini, Baik Dokumen bahkan data keruangan daerah pesisir dari wilayah kegiatan tersebut. Peralatan-peralatan berupa Personal Komputer (PC) lengkap dengan peralatan pendukung lainnya seperti Plotter, Printer, Scanner telah di adakan, begitu juga dengan SDM turut dipersiapkan guna mendukung penggunaan dan operasional data keruangan (spatial) pesisir ini.

Demi tersusunnya Hirarki kerja yang mantap maka, disusunlah suatu organisasi yang bertujuan melaksanakan dan mengelola semua data dan peralatan yang tersedia. Selanjutnya organisasi ini menamakan dirinya dengan PISP (Pusat Informasi Spasial Provinsi) yang berkantor di BAPPEDA Provinsi. Tidaklah menutup kemungkinan PISP ini untuk mengembangkan dan meningkatkan fungsi dan aktifitasnya sebagai pusat pelayanan dan pengadaan data keruangan. Visi dan misi bahkan target harus dirancang dan diciptakan, dimana PISP ini kedepannya tidak hanya penyedia data informasi ruang pesisir saja bahkan PISP ini diharapkan mampu menyediakan data keruangan secara keseluruhan, sehingga nantinya dapat memenuhi segala kebutuhan baik instansi pemerintahan, masyarakat, dan pengusaha.

Tujuan dari dibentuknya PISP diantaranya adalah:

  • Meningkatkan ketersediaan dan akses terhadap data/informasi spasial dan keaneka-ragaman hayati yang berkualitas

  • Mendorong terciptanya permintaan produk-produk bernilai-tambah dan layanan jasa PISP lainnya

  • Mengupayakan terjadinya pengembalian biaya operasional (cost-recovery) untuk menjamin keberlanjutan pelayanan PISP

  • Menjadi Outlet bagi penjualan peta-peta produksi BAKOSURTANAL di daerah

  • PISP sebagai pusat informasi geospasial pesisir dan laut dengan segala fasilitas dan kapabilitas yang dimilikinya, selayaknya mampu memberikan kontribusi yang berarti bagi para pengambil keputusan dalam perencanaan pengelolaan wilayah pesisir dan laut yang berkelanjutan bagi instansi pemerintah terkait dan masyarakat luas.

    Dengan makin luasnya pengetahuan dan pemahaman masyarakat tentang keberadaan PISP, maka diharapkan PISP akan menjadi pusat pelayanan bagi kebutuhan data dan informasi spasial dan menjadi outlet untuk penjualan peta-peta produksi BAKOSURTANAL serta layanan lain yang berkaitan dengan sistem informasi geografis dan teknologi informasi yang layak dilaksanakan. Sebagai bagian dari fungsi layanan publik, PISP tidak mengenakan tarif yang mahal untuk penjualan produk dan layanan jasanya. Hasil pendapatan dari kegiatan pelayanan ini diharapkan akan menjadi upaya cost-recovery (pengembalian ongkos produksi) dan dapat mendukung keberlanjutan operasionalisasi PISP-NTB dan pengembangannya lebih lanjut.

    PISP akan mendukung pertumbuhan dan pembangunan ekonomi berkelanjutan di tingkat provinsi melalui penyediaan dan distribusi peta-peta yang akurat, analisis data spasial yang professional, dan media komunikasi dan informasi lainnya yang berkualitas tinggi dengan harga yang murah kepada masyarakat, termasuk kelompok konsumen utama seperti instansi sektoral, Universitas, LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat) dan industri swasta.

    Tanggal revisi: 2008-04-25